14 Maret 2008

Radio Republik Indonesia Bandung

Tau ga, ada tempat main 'seru' (kalo boleh ditambahin sih ...tempat yang serem juga heheheh) yang jarang banget diperhati'in ma kita-kita di Bandung, dimanakah gerangan ?

RRI, Radio Republik Indonesia. Bukan tempat maen ya... itu mah Radio super sepuh kekekeke.., tapi asik juga kalo iseng-iseng ga ada kerjaan maen kesana. Berasa masuk ke jaman baheula.

Wajib diinget nih, bahwa Radio RRI bandung lah (Radio RRI yang berada di Jalan Muhammad Toha, bukan yang sedang diceritain sekarang) sebagai radio pertama di republik ini yang menyiarkan teks Proklamasi ke seantero dunia.

Dulu namanya Radio Pergerakan Perjuangan atau Bandung Hoshokyoku dan untuk pertama kalinya singkatan RRI dipakai saat menyertai pembacaan teks proklamasi terdengar hingga ke Amerika sampe baghdad, ...bujug bunee ...taon 45 dah ada siaran sampe baghdad.

Nah kembali jalan-jalan ke RRI Jalan Diponegoro, kalo siang sih biasa-biasa aja, justru serunya coba bayangin dateng malem-malem kesono, hehehe ...bisa-bisa bikin film horror disana.

Pas kemaren nganter sodara kesono, iseng-iseng deh ikut masuk ke RRI, ternyata lantainya udah pake lantai keramik warna putih ilang deh kesan seremnya (kan biasanya gedung tua lantai keramiknya warna abu-abu itu lho), pas kebetulan ada akang-akang lagi mau naek pemancar, langsung aja otomatis pikirin nitip minta tolong ikut difotoin muncul.

Selang beberapa waktu kemudian dikembaliin deh tuh kamera digital dengan beberapa gambar baguss banget (untuk ukuran tukang naek tower, hasil gambar yang dijepretin dapet nilai 10).

Dari menara RRI ada gambar bagus gedung sebelahnya, gedung Dwiwarna. (foto ini pas banget 2 hari sebelum kejadian kena angin kencang yang merontokkan atapnya hik.. hik... hik... )



Ada nih gambarnya pas amburadul (nyecan dari koran PR)


Lalu ada satu sudut di lantai 2 deket tangga yang gatel kalo ga diabadikan, ini dia perangkat studio jaman jadullll...



Sayang ya RRI ga menyediakan ruang untuk dijadikan museum kecil sebagai bukti-bukti prasejarah ...maksudnya sebagai bukti sejarah bahwa RRI Bandung punya andil besar dalam sejarah republik ini ...tull ga Bam ...Gitt (waduh hebat banget wejangan ku ini ya nak wakakakaka..).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mas, kira2 klo pgn tau daya jangkau RRI bandung taun 45 tuh kan siarannya sampe ke baghdad itu gmna ya?